Minggu, Agustus 05, 2018

7 Tipe Pembaca Koran Harian

Koran harian masih menjadi pilihan terbaik dalam menemani pagi mayoritas penduduk Indonesia. Walau memang sekarang persaingannya dengan portal online juga alternatif lainnya terus berdatangan, namun kiprah tulisan dalam bentuk fisik kertas ini tetap berlabuh dihati penggemarnya.

Berbicara soal koran harian, tentu tidak lepas dari anda semuanya sebagai pembaca setianya. Mungkin artikel ini tidak diperuntukkan bagi kalian yang tengah mencari referensi secara formal. Karena sebetulnya tulisan ini hanyalah bersifat hiburan dan pandangan bagi anda untuk peregangan stress anda.

Ada beberapa tipe pembaca koran harian yang dirangkum dalam artikel ini berdasarkan riset pribadi penulis. Mungkin anda semuanya sudah menebak diantaranya, atau bahkan merasa terkaget dengan temuan fakta terbaru ini.

Berikut tipe pembaca koran harian yang biasa kita temui dikeseharian. Setidaknya ada 7 Tipe Pembaca Koran Harian yang akan dibahas dalam tulisan ini. Langsung saja penjelasannya dibawah ini;

1. Tipe Job Seeker
doc/Google.com
Dari terjemahannya kedalam bahasa Indonesia, sangat mudah ditebak bahwa tipe pembaca koran satu ini sedang jobless alias pengangguran dan JOMBLO (loh!)haha. Tipe pembaca koran satu ini sangat bertujuan khusus dan menggebu-gebu bangun pagi buat nungguin loper koran keliling hanya buat liatin lowongan kerja yang ada dikoran harian itu. Pokoknya mata si tipe job seeker ini tidak akan kemana-mana saat pertama kali tangannya memegang koran harian. Langsung bolak-balik sampai ketemu rubik lowongan kerja dan membacanya dengan seksama. Bukan hanya buat para pencari kerja juga sih. Tipe job seeker juga kadang dilakukan beberapa orang yang sedang bimbang untuk resign dan mencoba mencari lompatan pekerjaan baru yang menurutnya lebih baik.

2. Tipe Sastawan
Kalau tipe pembaca koran satu ini akan terfokus pandangan kepada tulisan-tulisan yang berbau sastra, entah itu puisi,cerpen ataupun cerbung yang diterbitkan didalam koran harian. Edisi khusus dengan rubrik sastra ini biasanya ditemui saat weekend terutama di hari minggu. Dan diwaktu itulah tipe sastrawan ini berburu koran harian yang diketahuinya berisi tulisan-tulisan indah yang bisa dijadikan referensi untuk karyanya sendiri atau hanya dibuat sebagai koleksi. Karena tak jarang juga tipe sastrawan ini membukukan hasil karya yang didapatnya dari koran harian yang dibelinya (atau mungkin minta).

3. Tipe Kotor
doc/Google.com
Sebetulnya ada nama yang secara khusus bisa mewakili tipe pembaca koran harian satu ini. Namun disini penulis menamainya secara lebih halus dan layak dipublikasikan. Tipe kotor ini dimaksudkan bagi pembaca yang sangat haus dengan artikel-artikel yang berhubungan dengan konten orang dewasa. Mungkin artikel itu bisa membahas tentang keperkasaan pria atau kesuburan wanita dan lain sebagainya. Nah, tipe kotor ini juga bisa bertindak lebih dari itu. Terkadang motivasi utamanya dalam membeli koran harian hanya untuk membaca iklan-iklan dewasa yang dibumbui dengan gambar syur yang menggairahnya. Bagi si tipe kotor ini, itu merupakan hiburan yang murah meriah.

4. Tipe Buyer
Ada yang meng-iklankan produknya tentu ada yang bertindak sebagai buyer atau pembeli. Lebih rinci lagi tipe buyer ini menjelaskan tipikal seorang pembaca koran harian yang memang tujuan utama berburu koran hanya untuk mencari produk-produk bagus nan murah meriah yang ditayangkan dikoran harian. Bisa jadi anda yang menjadi tipe buyer ini tengah mencari produk yang memang tengah dibutuhkan atau ada juga sebagian diantaranya berburu produk yang bisa dijual kembali dan mencari selisih untung dari jual-beli itu.

5. Tipe News Expert
Dan untuk tipe pembaca koran yang satu ini berkaitan dengan berita terkini yang menjadi perbincangan hangat masyarakat luas. Umumnya tipe news expert ini sedikit banyak mempunyai pengetahuan politik yang kuat. Karena biasanya ini lebih banyak menyangkut tentang bacaan yang masih ada kaitannya dengan bumbu politik, meskipun bacaan itu membahas masalah ekonomi dan lainnya. Atau mungkin tipe news expert ini hanyalah berpura-pura sok tahu agar terlihat lebih smart dihadapan orang lain. Terutama dihadapan gebetan baru bagi para jomblo ahli dalam pendekatan asmara.

6. Tipe Bungkuser
doc/Google.com
Sedihnya kadang koran harian tidak menjadi berarti kecuali hanya sebagi bungkus sebuah makanan ataupun barang dagangan lainnya. Pasti kita semua pernah melihat si tipe bungkuser ini sengaja beli koran harian yang banyak, khususnya yang sudah lewat tanggal terbitnya dari hari ini. Hanya untuk dijadikan bungkus dagangan. Memang sih beberapa diantaranya menyempatkan membaca isi tulisan yang ada didalam koran harian tersebut. Tapi lazimnya, sebagai contoh yang paling kita temui adalah 'kang gorengan' yang semena-mena menodai kerapihan koran harian dengan minyak-minyak gorengan beserta gorengan yang penuh dengan kolesterol itu. hehe

7. Tipe Sport Maniac
Nah untuk tipe terakhir yang dibahas di artikel ini adalah bagi anda yang amat sangat menyukai bidang olahraga. Bukan bagi anda sebagai pelaku olahraga misalnya atlit sepakbola, basket atau tenis meja dan lain-lain. Tapi juga dimaksudkan bagi anda yang sangat bernafsu untuk mengikuti perkembangan dunia olahraga yang rutin diulas di koran harian langganan anda. Dan kebiasaan ini tentu sangat membantu anda semuanya terlepas dari selalu bisa memperbaharui diri dengan informasi terkini, tapi juga menjadikan kebiasaan membaca anda lebih terasah lagi.

Demikian beberapa penjelasan mengenai 7 Tipe Pembaca Koran Harian yang tentunya satu atau bahkan lebih dari poin diatas pernah kita jumpai dikehidupan sehari-hari. Atau mungkin anda sendirilah yang termasuk didalam tipe-tipe itu. Bisa jadi kan ya? hehe

Semoga informasi diatas bisa menjadi pandangan baru dan segar untuk kita semuanya secara khusus menyadari bahwa pembaca koran pun terbagi dalam beberapa tipenya. Dan yang pasti, semoga bisa menghibur anda semua dengan tulisan ini. Sampai jumpa diartikel lainnya. Anda juga bisa klik judul artikel dibawah tulisan ini, atau disamping (5 artikel favorite pembaca). Juga bisa klik tabulasi diatas dengan nama tabulasinya - Artikel. Disana anda bisa melihat judul-judul lainnya yang mungkin menarik bagi anda. Terima kasih (/TM) 

Ditulis Oleh : TMarsyam // 8/05/2018
Kategori:

0 komentar cerita ini:

 
Diberdayakan oleh Blogger.