Jumat, November 18, 2011

Ritual Lazim kayaknya nggak penting..

Nah,ngomong" soal ultah, gue jadi kepikiran tentang hal" berikut ini yang nyangkut secara tiba" diotak gue..

seperti biasa,gue semedi dibalik jendela kamar buat konsentari nyari info lengkapnya di mbah google..
dan kayak biasa juga, gue gagal.
trus males buat nyari" lagi di google, ditambah lagi modem gue leletnya nggak ketulungan, dan dapet infonya cuma dikit banget dah.

Dan hal" apa yang nyangkut diotak gue ntu...
jeeeeng...jeeeeeng.....!!! 

gue memikirkan tentang hal" yang nggak penting ini,
yap..


(BEBERAPA PERAYAAN DAN RITUAL NGGAK PENTINGNYA..)

1.Tiup Lilin pas Ulang Tahun..


pertannyaan bodoh nyangkut diotak gue tentang hal yang satu ini,
kenapa pas ulang tahun perayaannya nggak jauh" dari kue ultah dan tiup lilin??
kenapa kaga' tiup apaan gitu, neon kek, petromak kek, ato niup balon kek, paling kece kalo niup ban mobil, memble,meble dah tuh bibir...h.hhehe..

kita" orang pada zaman sekarang tanpa disadari meneruskan ritual" orang terdahulu yang pertama kali melakukan hal ini.
tiup lilin pertama kali dilakukan pada sebuah acara pesta anak-anak di JERMAN yang mereka namai pesta tersebut dengan nama kinderfest, dan ritual ini dimulai pada abad ke 18..

tradisi itu pake lilin-lilin yang ngelambangin usia. Selain itu ada yang menambahkan beberapa lilin untuk mengindikasikan “umur di masa datang”. nah kalo dimasa sekarang, lilin dimaksudkan untuk mengucapkan permohonan sebelum meniup lilin.

Diyakini bahwa meniup semua lilin dalam satu napas berarti keinginan akan terkabul dan orang tersebut akan memperoleh nasib yang baik di tahun mendatang...getho..


2. Lempar Toga pas kelulusan


Dan yang satu ini juga yang jadi bahan pemikiran iseng gue kalo ngeliat orang" pada wisuda.
toga adalah semacem topi khusus yang dipake orang kalu lagi wisudahan. nah,kenapa toga ini cukup keramat dikalangan mahasiswa,karna toga ini sebagai lambang kalo mereka udah lulus, si rektor mindahin tali toga kekiri,eh kekanan,...#mikirbentardeh... ah,pokoknya gitu"an deh, tali toga digeser" pas penobatan wisuda.
nah, biasanya toga yang mereka pake itu,dijadikan ceremony khusus sebagai tanda keberhasilan mereka nyelesaiin kuliah.. katanya sih, nggak sedep aja kalo kaga' lempar toga pas lulusan..

tetapi,kenapa mesti toga??
kenapa nggak lempar yang laen aja? baju kek,biar seksian dikit,h.hhehe, ato lempar beling kek,lempar duit kek ato apalah,
kenapa mesti toga??kenapa???


3. Coret Baju Pas Kelulusan


nah, tradisi ini juga bikin gue prihatin,
sayang banget dah tuh kawula muda kalo kalian melakukan hal" yang kaga' ada gunanya kayak gini.
kasihan bokap nyokap loe kerja keras buat ngebeliin loe seragam sekolah,
eh pas lulusan elo corat coret, nggak menghargai orang tua loe banget dah.
sadarlah..hai sadarlah generasi muda... :p





4. Tiup Terompet Pas Tahun baru

Dan loe mesti berpikir ulang kalo elo mau ngelakuin ritual ini pas tahun baru ntar.
karna ritual ini sebenernya adopsi dari ritual yang dimulai pertama kali oleh bangsa yahudi.
mereka melakukan aksi tiup shofa untuk menyambut datangnya pergantian tahun, alat musik seperti terompet itu yang udah ada sejak 1500 masehi yang merupakan alat musik khas keagamaan mereka, ritual ini dilakukan bangsa yahudi sebagai bentuk introspeksi mereka sebagai bentuk fanatisme religi mereka.


bagi gue, gue agak menyesal karna menyadari bahwa selama ini gue lakuin adalah mencontoh bangsa yahudi. agak rasist sih, tapi bolehlah mengambil prinsip, ya kan?
aaaaakhh.....tidaaaaaak...!!


Dan itulah tadi beberapa pikiran" aneh yang nyangkut di otak gue,
semoga gue bisa nemuin lagi fakta" tentang hal" diatas..
ato setidaknya dapet tambahan tentang ritual" yang ngga' penting seperti ntu dipostingan lanjutan.
sekian..terima kasih.

:sleep:

Ditulis Oleh : TMarsyam // 11/18/2011
Kategori:

6 komentar cerita ini:

Arif Zunaidi Riu_aj mengatakan...

Yihaaaa. bannernya baru nih....
Aku malah hampir tiap hari ganti lho.... hahaha

rusydi hikmawan mengatakan...

asik ya dapet gambar header yang pas. ritual itu jadi lazim ketika jadi penanda eksistensi. lihat saja anak2 pelajar itu. itu lazim buat mereka

Anak Pingit mengatakan...

@RIU_aj,
maksud loe ngomong gtu apaan sob? mo nyombong lue yak??
loe kata gue ini nggak bisa bikin header sendiri.??.....(emang)
loe pikir gue ini gaptek??....(emang)
loe pikir gue nggak ngerti soal begituan??...(emang)
emang iya kok, jadi?? h.hehhe... :p

@rusydi,
h.hhehe..gitu deh.
bener banget sob, semoga generasi mereka sadar dah tuh akan penting arti mensyukuri hidup..:)

Cacing Monsters mengatakan...

yg nomer 1 alhamdulillah gue blm pernah lakuin
yg nomer 2 nyata-nyata gue blm lakuin jg karna gue blm ngerasain make toga ! iya TOGA !

trus 3-4 itu gue pernah -___-"

AJe mengatakan...

headernya keren, sesuai bgt.
sayang bgt klo lulusan seragam dicoret coret sumbangin ke yg membutuhkan napa, ga usah jauh2 sumbangin ajah ke adikmu kalo mau dan kalau ada . atau ke siapa kek yg deket2 dulu

Anak Pingit mengatakan...

@cacing,
maap ya cing,gue nggak niat kok buat nyinggung elo..
gue lupa kalo elo belon ngerasain lempar Toga, iya cing, Toga, skali lgi yak, Toga cing..! :P

@aje,
alhamdulilah yah,
bener banget tuh je, setuju gue..

 
Diberdayakan oleh Blogger.